2009/03/27

MEMASANG KABEL JARINGAN

Setelah anda menentukan atau mempersiapkan berbagai hardware dan desain yang akan anda gunakan, selanjutnya anda akan merakit sebuah jaringan computer. Untuk merakit sebuah jaringan computer, langkah pertama kali adalah merakit kabel dan perangkat hardware lainnya yang nantinya akan berhubungan dengan sebuah aringan computer tersebut.
Jaringan computer pada dasarnya jaringan kabel yaitu dihubungkannya kabel yang satu dengan yang lainnya dalam suatu system computer. Masing-masing jenis kabel mempunyai kemampuan dan spesifikasinya yang berbeda, untuk itu dibuatlah pengenalan tipe kabel.

Tipe Kabel Dalam Membuat Jaringan Komputer
Kabel UTP (Unshielded Twited Pair)
Kabel jenis ini biasanya seringn digunakan dalam sebuah jaringan LAN. Harganya relative murah namun mempunyai beberapa kelemahan antara lain hanya bisa diguakan dalam jarak pendek, mudah terpengaruh dengan berbagai gangguan, dan kecepatan transfer data sangat terbatas yaitu sekitar 10 sampai 16 Mbps.
Urutan warna-warna yang terdapat pada kabel UTP, yaitu:
1. Orange putih
2. Orange
3. Hijau putih
4. Biru
5. Biru putih
6. Hijau
7. Coklat putih
8. Coklat

Kabel Coaxial
Kabel jenis ini biasanya sering digunakan pada antenna televise dengan jarak akses yang lebih jauh daripada kabel UTP. Kecepatan dalam mengirim data juga lebih tinggi dan harganya relative tidak mahal.

Kabel Fiber Optic
Fiber optic merupakan jenis kabel yang mampu mengirim data dengan yang jauh dan kecepatan transfer yang tinggi yakni mencapai sekitar 100 Mbps. Kabel ini merupakan media terbaik untuk LAN yang memiliki jangkauan kerja lebih luas, jangkauan frekuensi lebih tinggi, lebih ringan, dan ukuran kabel ini relative kecil. Kabel ini juga tidak terpengaruh oleh radiasi elektrik, kebal terhadap derau dan isolsai ground yang baik. Harganya relative masih mahal dan dalam melakukan instalasinya relative sulit. Dalam transmisi data menggunakan kabel ini diperlukan alat tambahan yaitu light emitting diode (LED) atau injection dan light detector, yang biasanya berupa Positive Intrinsic Negative (PIN) diode ataupun Avalanche photodiode (AVD).

Dua jenis tipe kabel yang banyak digunakan adalah Twisted pair dan Coaxial. Kabel Twisted pair sendiri terdiri dari atas dua jenis, yaitu UTP dan STP, sedangkan kabel Coaxial juga terdiri dari dua jenis, yaitu Think Coaxial dan Thick Coaxial.
Sebelum anda membuat kabel yang akan digunakan, anda harus tentukan tipe jaringan apa yang akan buat, sebab ada dua tipe konfigurasi warna yang dapat digunakan yaitu tipe straight dan tipe cross. Kabel straight digunakan untuk menghubungkan beberapa client dengan bantuan Hub atau switch sebagai network manager, sedangkan kabel cross dapat digunakan untuk menghubungkan dua unit client secara langsung atau yang akan menghubungkan antar dua computer saja dan tanpa bantuan Hub atau Switch.


Alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat sebuah jaringan computer adalah sebagai berikut:


•Konektor RJ-45
Konektor RJ-45 merupakan kabel Ethernet yang biasa digunakan dalam topologi jaringan computer LAN maupun jaringan computer tipe lainnya. Konektor ini dipasang pada ujung-ujung kabel yang akan dipasang pada beberapa computer sehingga computer dapat terkoneksi dalam sebuah jaringan.

•Plug Crimper
Plug crimper atau biasa disebut dengan tang crimping merupakan sebuah alat untuk memasang ujung kabel dengan sebuah konektor. Konektor yang telah diposisikan kemudian menekannya.


•Kabel Tester
Kabel tester ini merupakan media transmisi yang berfungsi sebagai alat untuk mengetes kabel yang sudah jadi atau sudah anda buat, apakah terhubung dengan benar atau belum. Dan

•Kabel UTP (Unshielded Twited Pair)



Straight
Jenis straight ini digunakan untuk jaringan yang menggunakan hub atau jaringan yang koneksinya lebih dari dua computer. Urutan warna yang dibuat adalah antara dua ujung kabel yang akan dipasang konektor sama yaitu: 1-1, 2-2, 3-3, 4-4, 5-5, 6-6, 7-7, 8-8.
1. Orange putih
2. Orange
3. Hijau putih
4. Biru
5. Biru putih
6. Hijau
7. Coklat putih
8. Coklat


Cross
Jenis cross digunakan untuk jaringan yang tidak menggunakan hub atau hanya mengkoneksikan antar dua computer saja. Untuk urutan warna tipe ini adalah: 1-3, 2-6, 3-1, 4-4, 5-5, 6-2, 7-7, 8-8.


Proses Pembuatan Kabel

Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) atau Ethernet Cable atau anda bisa menyebutnya dengan kabel LAN, adalah kabel yang digunakan untuk menghubungkan antar peralatan yang berhubungan dengan computer network (computer, hub, switch, router). Kabel ini bentuknya seperti kabel telepon, hanya saja ukurannya lebih besar dimana pada ujung kabel akan terpasang sebuah konektor yang biasa disebut RJ-45. Dalam pembuatan kabel agar dapat digunakan dengan baik, maka anda perlu memperhatikan langkah pembuatannya seperti berikut:

•Potonglah kulit luar kabel UTP dengan crimping tools atau cabel cutter. Harus hati-hati jangan sampai memotong kawat inti didalamnya.
•Uraikan empat pasang kawat sehingga terlepas dari jalinannya.
•Luruskan masing-masing kawat dengan posisi sejajar.
•Susunlah warna sesuai dengan konfigurasi warna yang anda inginkan, apakah untuk straight atau pun untuk cross. Untuk jaringan menggunakan hub atau lebih dari dua computer, maka gunakan konfigurasi warna straight. Sedangkan untuk mengkoneksikan hanya dua computer saja, maka gunakan jenis konfigurasi warna cross.
•Luruskan lembali kedelapan kawat setelah warnanya disusun secara bersama-sama.
•Potonglah rata delapan kawat kira-kira 1cm dari kulit kabel yang tidak dipotong.
•Masukkan kedelapan kawat ke dalam soket RJ-45, ingat pin 1 adalah sebelah kiri.
•Kuncilah RJ-45 tersebut dengan crimping Tools.
•Test kabel yang anda buat dengan network Cable Tester. Dalam test kabel ini sesuaikan dengan urutan kabel yang anda buat, jika anda membuat tipe straight, maka lampu akan menyala secara urutan dari 1 sampai 8 pada kedua sisi tester, dan jika cross maka 1-3, 2-6, 3-1.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar