2009/05/19

PENGENALAN HANDPHONE

Blok Diagram HP

Hand Phone (HP) adalah Hand (genggam), Tele (jauh), Phone (suara). Jadi suara dari dan/atau ke suatu tempat/lokasi yang jauh dengan perangkat dengan yang digenggam. Suara yang didengar pada speaker HP/Interface Handfree (IHF) meripakan hasil darri reproduksi suatu objek yang ditangkap oleh antenna HP. Didalam pesawat HP, sinyal diproses dn dikirim ke sistem audio. Hasil proses tersebut merupakan suara yang dapat kita dengar. Selain menerima sinyal suara, juga dapat mengirim/memancar sinyal suara ke perangkat HP lain.

Konsep dasar yang sangat penting dalam sebuah HP/Ponsel/Mobile atau disebut juga komunikasi selular adalah kenyataan bahwa teknologi yang digunakan HP sebenarnya merupakan pengembangan dari teknologi radio yang dikawinkan dengan teknolgi komunikasi telepon dan teknologi computer. Telepon pertama kali ditemukan dan diciptakan oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1986. Sedangkan komunikasi tanpa kabel (wireless) ditemukan oleh Nikolai Tesla pada tahun 1980 dan diperkenalkan oleh Glugielmo Marconi.

Perkembangan teknologi komunikasi mobile telah semakin berkembang dengan pesatnya. Evolusi sistem kini telah mencapai generasi ke-4 (4G). teknologi ini telah merambah ke akses secara permanen ke web, video interaktif, dengan kualitas digital yang sangat baik hingga ke teknologi kamera video dan media confrence yang diintegrasikan dalam telepon selular.

Pada dasarnya Hand Phone terdiri dari beberapa blok rangkaian yang sangat penting guna mendukung proses bekerjanya Hand Phone tersebut, rangkaian utama diantaranya adalah Antenna Switch, IC Power Amplifier, LO VCO, Oscilator Crystal, IC RF, UPP/CPU, Memory, IC Power/UEM, LCD, KeyBoard, Mic/Earphone, SIM Card dan system Konektor.seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini :






Nama-Nama Komponen Utama

Fungsi

Antena Switch

Sebagai saklar otomatis untuk menerima dan memancarkan gelombang elektomagnetik ke dan dari udara.

IC Power Amplifier

Sebagai penguat akhir dari sebuah system pemancar gelombang radio, sebelum sinyal tersebut diumpankan ke bagian ANT Switch untuk dipancarkan ke udara.

LO VCO

Sebagai rangkaian penentuan besarnya channel frekuensi yang dapat diproses pada pesawat Hand Phone.

IC RF

Sebagai penguat frekuensi radio dan juga sebagai penguat awal yang menguatkan sinyal-sinyal informasi listrik yang masih sangat lemah, sehingga akhirnya dapat diteruskan ke rangkaian selanjutnya.

Oscilator Crystal (XO)

Sebagai rangkaian pembangkit frekuensi osilasi yang berguna untuk dapat menerima dan memancarkan frekuensi radio, sehingga pesawat Hand Phone dapat bekerja dengan baik.

RTC X’

Sebagai rangkaian pembangkit frekuensi/denyut clock ke bagian IC Power/UEM, sehingga IC Power dapat bekerja dengan baik.

MEMORY

Sebagai tempat penyimpanan data.

UPP/CPU

Sebagai unit proses utama yang mengendalikan semua kendali kerja dari pesawat Hand Phone. UPP ini berhubungan dengan perangkat I/O device.

IRDA

Sebagai perangkat tambahan yang dapat mentransfer data dari satu parangkat pesawat Hand Phone ke pesawat Hand Phone lainnya dalam radius yang sangat dekat sekali, atau biasanya orang menyebutnya dengan sebutan Infra Merah.

LCD

Sebagai layar penampil, rangkaian berhubungan dengan bagian UPP/CPU.

KB Backlight drive

Sebagai penggerak untuk menghidupkan lampu latar, rangkaian ini berhubungan dengan bagian keyboard konektor dan di kontrol oleh IC CPU/UPP.

UEM/IC Power

Sebagai bagian catu daya utama yang mensupply tegangan kerja ke seluruh perangkat rangkaian.

IC FM Radio

Sebagai perangkat tambahan untuk rangkaian radio.

IC Camera

Sebagai perangkat tambahan untuk rangkaian pemproses kerjanya camera.

Camera Conn

Sebagai penghubung antara IC Camera dengan Camera luar.

Mic/Ear

Sebagai perangkat yang mengolah sinyal informasi listrik menjadi sinyal suara dan mengubah sinyal suara menjadi sinyal informasi listrik.

Audio Converter

Sebagai pengkonversi sinyal informasi listrik menjadi sinyal suara dan selanjutnya dilanjutkan ke bagian loudspeaker.

IHF Speaker Conn

Sebagai perangkat untuk menghubungkan ke bagian perangkat loudspeaker.

Vibra

Sebagai perangkat untuk memberi isyarat penanda getar.

SIM Card

Sebagai ID pada sebuah Hand Phone, untuk dapat mengakses ke jaringan.

System Conn

Sebagai perangkat penghubung ke perangkat interface luar.


1 komentar: